Assalammu alaikum warrohmatullohi wabarrokatu..........................
salam kenal dan salam sayang..............
hallo,makasih ya dah kunjumg ke blog aku.mungkin masih banyak yang kurang lo dari blog ku ini maklum aku masih pemula..lok ada yang kurang lengkap dan ada yang salah.sebelumnya maaf za.......
Waalaikum salam warrohmatullohi wabarrokatu...............................

Kamis, 24 Mei 2018

Mencetak Generasi Unggulan di Era Gadget


 Dimana ada manusia disitu ada gadget. Sungguh sangat miris ketika kita melihat sekerumunan manusia tapi tidak saling sapa seolah mereka sudah tidak mau tahu dan kenal dengan lingkungan sekitar. Tak heran jika sekarang sering kita dengar yg jauh terasa dekat dan yg dekat serasa jauh. Apakah kalian merasakan apa yg saya alami??? Apakah anda ingin merubah semua itu??? Jawabanya itu mungkin. Kenapa saya jawab seperti itu karena perkembangan jaman dan penggunaan gadget dijaman sekarang sudah seperti dua sisi mata uang yg tidak mungkin dapat dipisahkan. Ketika kita melihat anak-anak sudah mulai senang dengan gadgetnya mereka tidak akan peduli dengan lingkungan disekitaranya. Meniru siapakah mereka ?? Jelas mereka meniru orang disekitarnya. Coba bayangkan ketika anak melihat kedua ortunya sedang asik bermain gadget apa yg ada dalam pikiran si anak itu. Jelas mereka berfikir menggunakan gadget itu hal yg biasa. Nah dari situ kalau kita ingin anak kita tidak seperti itu, maka kita harus bisa melihat situasi dan kondisi dimana kita menggunakan gadget. 
 Ketika kita ingin anak kita lebih baik dari diri kita maka kita harus juga lebih baik, begitu juga ketika kita ingin anak kita tidak selalu hidup dengan gadget maka kita juga harus bisa dan mau merubah pola hidup kita dengan jauh dari gadget. Arti jauh disini bukan kita meninggalkan gadget tapi kita melupakan gadget ketika dengan anak, memperbanyak waktu bermain dengan anak tanpa gadget. Cara ini akan menjadi dasar PEMBANGUNAN KELUARGA yang unggulan dan luar biasa diera gadget. Kita harus bisa mencetak generasi kita menjadi generasi yg hebat. Berawal menjauhkan dari gadget, mendekatkan dengan buku,mendekatkan dengan lingkungan sekitar,mendekatkan dengan keluarga, berkomitmen dengan semua anggota keluarga untuk tidak menggunakan gadget didekat anak kita. 
 Mungkin semua itu terasa susah diawal apalagi anak-anak kita yg sudah terlajur kecanduan gadget.Tapi ketika kita percaya dan yakin maka semua itu pasti mudah. Semua itu pernah saya alami ketika anak saya yg masih 2 tahun kecanduan gadget. Pelan dan pasti saya memberi pengertian kepada dia,susah sampai nangis dan berontak. Seperti itulah kejamnya gadget sudah merasuk kepikiran anak saya. Lambat laun dia mulai melupakan gadget saya ganti dengan buku dan apaupun yg membuat dia lupa gadget. Disitu saya juga konsisten dengan diri saya tidak menggunakan gadget didepan dia. Saya menggunakan ketika dia tidur. Seperti yg saya bilang kita tidak bisa lepas dari gadget cara selanjutnya bagaimana kita bisa membuat gadget menjadi sumber ilmu yg luar biasa. Cara pendampingan kepada anak ketika bermain gadget itu juga bisa kita lakukan. Misalnya memperbolehkan bermain gadget untuk mengaji,menambah pengetahuan,bercerita dll. Tapi, pendampingan harus tetap kita lakukan. Disini saya akan berbagi pengalaman ketika pengunaan gadget dengan pendampingan yg benar. Sungguh luar biasa hasilnya. Contohnya ketika memutar murotal alhamdulilah anak saya mudah menangkap dan menghafalkanya. Disitulah segi positif ketika gadget dilakukan dengan cara dan pendampingan yg benar, Tapi tanpa pendampingan yg benar penggunaan gadget akan berubah menjadi negatif dan sangat membahayakan. Karena sifatnya yg bikin kecanduan membuat anak-anak susah terlepas dari bahaya gadget. Pembangunan Keluarga harus dimulai dari peran aktif orang tua dan semua anggota keluarga. Ketika semua berperan dengan baik dan bekerja sama dengan benar pasti akan luar biasa hasilnya. Perancaan untuk menambah anggota keluarga harus juga difikirkan dengan matang dan direncanakan dengan jangka waktu yg tepat. Keluarga yg cerdas adalah keluarga yg mampu membuat anggota keluarganya aman,nyaman tentram dan bahagia.

Tulisan ini saya ikutkan dalam Lomba BKKBN
#CintaKeluarga
#CintaTerencana
#BKKBN
(IG:@wahyuty77)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar