Assalammu alaikum warrohmatullohi wabarrokatu..........................
salam kenal dan salam sayang..............
hallo,makasih ya dah kunjumg ke blog aku.mungkin masih banyak yang kurang lo dari blog ku ini maklum aku masih pemula..lok ada yang kurang lengkap dan ada yang salah.sebelumnya maaf za.......
Waalaikum salam warrohmatullohi wabarrokatu...............................

Minggu, 09 Desember 2012

KIAT SUKSES UJIAN SKRIPSI



Sidang Skripsi adalah tahap akhir dari ujian skripsi, karena setelah sidang anda biasanya masih diwajibkan untuk melakukan revisi bagi yang lulus sedangkan yang gagal sudah tentu harus menulis ulang skripsi dan yang paling parah adalah penelitian kembali anda bisa bayangkan waktu dan biaya yang terbuang tapi sistematikanya tergantung Universitas juga. Oleh karena itu memang sebaiknya anda benar-benar mempersiapkan skripsi anda sebaik mungkin. Tips ini didapatkan dari berbagai sumber dan saya posting bukan berarti saya orang yang paling sukses dalam sidang justru dari kekurangan saya yang banyak saat skripsi dan saya ingin anda berhasil. Berikut adalah tips sidang skripsi yang umum dilaksanakan, sebelumnya sebagai gambaran adalah:

  1. Anda wajib melakukan presentasi terhadap penelitian anda (ya iya donkk)
  2. Menjawab pertanyaan dari penguji (biasanya terdiri dari 4 orang termasuk pembimbing, penguji dan ketua sidang) yang bertujuan melihat sisi obyektif dari penelitian anda. Anda harus mempertahankan skripsi anda (itulah sebabnya mengapa skripsi harus merupakan penelitian yang bersifat empiris artinya bahwa skripsi itu harus bisa diuji oleh orang lain sehingga tercapai obyektifitasnya, sehingga dengan demikian jika penelitian anda cenderung bersifat subyektif, hal ini terlihat dari pemilihan metodologi penelitian maka bisa dipastikan jika lulus anda akan mendapatkan nilai rendah, yang paling parah adalah anda tidak lulus dan diharuskan melakukan penelitian ulang. Untuk yang di Perguruan Tinggi berlabel Islam, Ditanya tentang kompetensi Keislaman anda, usahakan hafal ayat-ayat pendek, Ex: Juzz 30 dan doa.
Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan untuk menghadapi sidang skripsi.
  1. Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah ikhlaskan diri anda sepenuhnya untuk menerima dan menjalani ujian sidang ini.
  2. Sebelum hari sidang dilakukan, usahakan baca surat Al Kahfi dan doa-doa terutama doa Nabi Musa Doa ini diambil dari surat Thaha (20) mulai dari ayat 25-28.
  3. Kemudian pelajarilah hal-hal yang berhubungan langsung dengan penelitian anda dan kuasailah baik landasan teori maupun permasalahan yang dibahas terutama mengenai pengolahan data, penyajian dan analisis data hingga kesimpulan.
  4. Untuk yang berhubungan dengan jurusan Teknik atau bidang komputer dan skripsi anda menghasilkan suatu alat atau software, uji terlebih dahulu alat atau software anda dan pastikan semua berjalan lancar.
  5. Cukupkan istirahat, sebaiknya jangan terlalu lama begadang toh skripsi jika anda yang menulisnya tentunya sudah anda kuasai dengan benar artinya tidak lagi harus dipelajari dengan full-time.
  6. Siapkan presentasi anda yang bisa anda konsulkan kepada pembimbing anda, karena saat ini penyajian presentasi cenderung menggunakan program presentasi power point yang tentunya kaidah-kaidah pembuatan tampilan presentasinya harus anda pahami, meskipun terkadang penguji tidak banyak memperhatikan slide anda, namun slide ini jika anda persiapkan dengan baik paling tidak anda sudah menyediakan amunisi untuk mendukung jawaban anda dalam mempertahankan penelitian anda.
  7. selama melakukan presentasi dan tanya jawab, anda harus mampu meraih 'good impression' dari penguji, disinilah sebenarnya kunci utama untuk mendapatkan perhatian dan meraih tanggapan positif diri anda yang pada akhirnya akan berimbas pada penilaian positif dari penelitian anda jadi, raihlah 'good impression' ini. justru terkadang hal-hal diluar pemahaman dan materi skripsi-lah yang mampu mendongkrak nilai anda, kalopun terjadi kesalahan paling tidak anda hanya diminta untuk revisi dan tidak melakukan penulisan maupun penelitian ulang.
  8. Sebisa mungkin lakukan profiling terhadap dosen penguji anda sehingga anda akan lebih siap dalam menghadapinya karena tentu masing-masing dosen penguji memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain dalam mengeksekusi peserta sidang. setidaknya anda harus tahu dosen penguji tersebut mengajar mata kuliah apa saja sehingga kita bisa memiliki gambaran dari pertanyaannya terutama pada sesi uji komprehensif.
"Good Impression" meraih kesan positif, berikut adalah beberapa hal yang jika anda lakukan maka akan menghasilkan pandangan yang positif yang akan mendongkrak penilaian anda, dan jika tidak anda lakukan maka kemungkinan anda gagal sudah didepan mata.
  1. Usahakan datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan, ambil kesempatan untuk masuk dan mengenali ruang sidang, why? hal ini penting untuk vitamin mental anda karena secara alamiah tubuh anda akan melakukan adaptasi terhadap lingkungan sidang, keuntungannya adalah mengurangi 'nervous' yang sangat mungkin akan menyerang anda dalam melakukan presentasi dan tanya jawab, sehingga dengan mental yang lebih 'comfort' maka anda tidak akan terlalu kesulitan dalam menjalani sidang.
  2. Cara paling mudah untuk mendapatkan 'first good impression' adalah dengan penampilan anda, pilihlah pakaian sesuai dengan ketentuan peraturan persidangan namun carilah yang berbahan katun karena anda akan terasa lebih nyaman, mandilah sebelum berangkat, gunakan make-up yang natural dan wajar, hindari penggunaan asesoris yang sangat mungkin mengganggu misalnya bagi wanita mengenakan perhiasan berlebihan atau memakai gelang yang dapat menimbulkan bunyi-bunyian. Jangan remehkan penampilan anda, Why? karena penampilan akan memberikan efek psikologis secara langsung kepada anda maupun orang lain.
  3. 'Eye Contac' hal penting yang harus selalu anda tekankan adalah berusahalah untuk selalu memberikan jawaban dengan sesedikit mungkin membuka skripsi anda kecuali diminta oleh penguji, namun sebaiknya berusahalah menjawab tanpa membuka karena ini akan memberikan kesan bahwa anda menguasai skripsi anda, dan terus lakukan 'eye contact' setiap menjawab dan menanggapi pertanyaaan penguji, why? well, you know why.
  4. Setelah semua usaha sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah melibatkan allah SWT, sehingga jika gagal maka anda tidak akan terlalu kecewa, serahkan secara ikhlas hasil usaha anda kepada-Nya, kecuali skripsi anda mencontek, membeli secara online maka jikapun lulus hal itu tidaklah lulus di depan Allah SWT dan ini akan membebani anda dikemudian hari. Yakinlah jika anda jujur maka Tuhanpun akan menentukan yang terbaik untuk kita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar